Situs berbagi pengetahuan tentang kesehatan, resep makanan dan kehidupan manusia.

7 Makanan Penyebab Jerawat

Terdapat Banyak faktor yang menimbulkan jerawat di wajah. Diantarnya adalah makanan yang sering kita konsumsi setiap harinya. Jenis makanan yang biasa Anda konsumsi sehari hari memiliki kandungan zat yang berbeda. Beberapa makanan mengandung zat yang dapat memicu munculnya jerawat pada kulit wajah. Sehingga untuk menghindari munculnya jerawat di wajah maka beberapa makanan disarankan untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan.

7 Makanan Penyebab Jerawat

Pada umumnya, masyarakat awam hanya mengetahui bahwa jerawat yang timbul dikarenakan hormon dan kulit yang kurang bersih.

Faktanya, beberapa makanan dapat memicu dan memperparah sehingga Anda sebaiknya memperhatikan makanan yang Anda konsumsi apabila Anda tidak ingin kulit wajah Anda berjerawat. Dibawah ini adalah makanan yang dapat menyebabkan jerawat, mari kita simak uraiannya :

Lemak
Lemak adalah salah satu makanan yang dapat memicu terjadinya jerawat. Makanannya  yang berlemak menyebabkan masalah gula darah. Pada saat gula darah fluktuatif, maka akan mengakibatkan meningkatnya reaksi hormonal yang menyebabkan produksi sebum menjadi menjadi meningkat dan menutupi oriori yang akan menimbulkan jerawat.
Selain itu, lemak berlebih dapat membuat oksigen dan nutrisi yang mengalir ke sel tubuh berjalan dengan lambat. Oleh karena itu akan mengakibatkan efek suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh berkurang.

Produk Susu
Makanan yang dapat menyebabkan jerawat selanjutnya adalah makanan yang mengandung susu, seperti es krim, cokelat, susu kaleng dan yoghurt. Jika wajah Anda berjerawat, mengkonsumsi makan seperti ini secara berlebih akan memperparah jerawat yang sedang Anda alami.
Sebagian besar produk makanan yang mengandung susu memiliki lemak yang tinggi sehingga dapat memicu keluarnya jerawat apabila mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Susu yang dihasilkan dari sapi mengandung banyak hormon. Kulit manusia mengandung enzim yang mengubah hormon yang dihasilkan menjadi DHT. DHT dapat memicu kalenjar kulit meningkatkan produksi sebum yang berakibat munculnya jerawat.

Gula 
Makanan yang mengandung gula juga dapat menyebabkan jerawat, terutama gula pasir. Apabila Anda berlebihan mengkonsumsi gula akan menyebabkan meningkatnya gula darah sehingga meningkatkan produksi lemak.

Kafein
Makanan selanjutnya adalah makanan yang mengandung kafein. Jenis makanan yang mengandung kafein adalah kopi, the, soda, cokelat, soda dan minuman energi lainnya. Penghilang rasa sakit atau pain killer juga mengandung kafein.
Jika Anda mengkonsumsi kafein berlebihan maka dapat mengakibatkan kalenjar adrenalis melepaskan hormon stress sehingga tingkat stress Anda akan semakin meningkat. Tubuh yang mengalami stress berlebihan dapat mengurangi kesehatan tubuh dan juga kesehatan kulit.
Dampak buruk kafein yang lain adalah dapat menganggu tidur Anda sehingga tidak dapat tidur dengan nyenyak. Tidur adalah faktor penting agar kondisi fisik tubuh melepaskan racun dan berguna mengistirahatkan badan kita sepenuhnya.

Makanan Olahan
Indeks glisemik dan asin yang tinggi pada makanan mempengaruhi kadar hormon dan gula darah. Hal ini dapat menjadikan insulin meningkat dan memperparah keadaan. Oleh karena itu sebaiknya hindari makanan junk food.

Minuman Soda
Selain makanan, minuman juga dapat menimbulkan jerawat. Minuman bersoda dapat menyebabkan inflamasi pada tubuh. Hal ini terjadi karena adanya kandungan aspartem yang dapat meningkatkan jerawat. Selain itu, soda juga menurunkan ph.

Roti Dan Biji Bijian
Biji-bijian adalah makanan yang memiliki glisemik dan dapat menaikan gula darah. Jika gula darah naik akan menyebabkan hormon insulin ikut naik dan menyebabkan jerawat.

Baca juga : 4 Bahan Alamiah yang Bisa Menghapus Bekas Jerawat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Makanan Penyebab Jerawat