Situs berbagi pengetahuan tentang kesehatan, resep makanan dan kehidupan manusia.

4 Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Mengatasi keputihan secara alami-Banyak wanita yang bertanya-tanya bagaimana mengatasi keputihan secara alami saat hamil. Apa itu keputihan? Berbahayakah? Bagaimana cara mengatasi keputihan? Namun Anda tidak perlu cemas, karena di dalam artikel ini akan membahas mengenai cara mengatasi keputihan yang tepat.

4 Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Keputihan adalah lendir yang keluar dari organ intim wanita. Biasanya keputihan akan terlihat menempel di pakaian dalam Anda. Sebenarnya, jika lendir atau keputihan yang melekat pada pakaian dalam Anda berwarna bening dan tidak gatal serta keluar saat sebelum atau sesudah haid, maka Anda tidak perlu cemas karena keputihan itu termasuk wajar dan berfungsi untuk melindungi dan membersihkan daerah kewanitaan Anda.


Tetapi, Anda perlu mewaspadai keputihan berikut :


  • Keputihan warna kuning yang disertai panas dan rasa gatal. Biasanya disebabkan iritasi bahan kimia dan infeksi jamur.
  • Keputihan berwarna kuning kehijauan, berbau, kental, dan berbusa. Biasanya disebabkan oleh infeksi parasit.
  • Keputihan berwarna keabu-abuan, berbau amis, dan encer. Biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. 
  • Keputihan  berwarna kecokelatan yang berbau busuk dan terdapat bercak darah. Keputihan yang satu ini bisa jadi pertanda kanker.

Ada banyak sekali cara untuk mengatasi keputihan. Salah-satunya dengan cara alami. Cara alami ini dapat membantu menjaga dan merawat organ kewanitaan Anda agar selalu rapat, kencang, bersih, dan bebas dari bau yang tak sedap.

Berikut cara mengatasi keputihan secara alami dan mudah.


Bawang Putih
Bawang putih terkenal mengandung zat antibiotik yang dapat mengobati berbagai penyakit. Penelitian yang telah di lakukan university of Maryland medical center menyebutkan bawang putih dapat mematikan bakteri yang terdapat di organ kewanitaan penyebab keputihan.

Caranya dengan mengambil bawang putih sekitar 400 mg  yang akan diambil ekstraknya dengan cara diblender atau ditumbuk. Campur dengan air hangat, lalu basuh pada vagina adan sebanyak 2-3 kali. Diamkan dan basuh sampai bersih. Untuk menghilangkan bau bawang putih, Anda cukup dengan menggunakan tisu antiseptik yang berbau harum.

Kunyit
Kunyit adalah alah satu dari sekian banyak tanaman herbal yang dapat mengobati dan mencegah keputihan pada wanita. Cara menggunakannya dengan mengambil 20 gram kunyit, potong kecil-kecil dan cuci bersih. Sediakan 10 dram daun sambiloto dan 15 gram kulit delima kering. Rebus semua bahan di dalam air bersih 800cc dan sisakan 300 cc air rebusan tersebut.

Selanjutnya, saring dan minum air itu 2 kali sehari secara teratur. Tambahkan madu jika Anda ingin menambahkan rasa manis di dalamnya. Minum secara rutin untuk menyembuhkan keputihan.

Daun Sirih
Daun sirih dipercaya dapat mengurangi bau tidak sedap dan mengurangi rasa gatal pada wanita yang sedang menderita keputihan. Cara membuatnya dengan merendam beberapa lembar adun sirih dalam kurun waktu 1 jam dengan air panas, kemudian diamkan sampai dining. Gunakan ramuan tersebut untuk membersihkan vagina Anda. Lakukan 2 kali sehari di saat pagi hari dan sore hari.

Minyah Pohon Teh
Minyak pohon teh memiliki bahasa latin melaleuca alternifolia. Minyak ini dipercaya dapat mematikan bakteri pada liang vagina. Cara menggunakannya tergolong cukup mudah, yaitu dengan membersihkan daerah vagina adan setiap malam sebelum tidur.

Lakukan selama 7 hari agar Anda terbebas dari keputihan. Anda dapat mendapatkannya di apotek terdekat di sekitar tempat tinggal Anda. Sebelum membeli, pastikan minyak pohon teh tersebut benar=-benar alami karena terkadang terdapat produk yang dijual dengan campuran bahan kimiawi.

Baca juga : Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki Secara Alami

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami