Situs berbagi pengetahuan tentang kesehatan, resep makanan dan kehidupan manusia.

Waspadalah Akan Bahaya Kanker Serviks

Bahaya Kanker Serviks. Kanker serviks  merupakan jenis penyakit kanker yang mematikan, bahkan dari World  Healthy Organization ( WHO) mencatat ribuan wanita kasus kematian akibat penyakit kanker serviks.

Kanker serviks disebabkan oleh human papilloma virus ( HPV). Virus ini mudah sekali menular dan menyebar bisa melalui sentuhan langsung kulit dengan kulit, bisa juga dari cairan tubuh, hubungan seksual yang sembarangan, bergonta ganti pasangan, dan bisa juga disebabkan dari pemakaian kamar mandi, toilet, wc, yang kebersihannya kurang terjaga.


Mulai dari tahap terinfeksinya virus HPV munuju pada tahap kanker serviks ini membutuhkan waktu yang cukup panjang yaitu sekitar 10 – 20 tahun. Namun  bahaya kanker serviks ini ditentukan berdasarkan pada tingkat stadiumnya.

Untuk stadium pertama kanker serviks hanya menjukan gejalanya saja. Ada beberapa gejala atau tanda-tanda yang sering muncul, namun kebanyakan orang tidak sadar akan tanda-tanda tersebut. simaklah berikut bahaya dari gejala kanker serviks :

Gejala –Gejala Kanker Serviks

  • Timbul keputihan yang tidak normal kemudian disertai dengan pendarahan yang cukup panjang.
  • Saat berhubungan intim selalu sakit, kemudian muncul plak merah seperti darah.
  • Sering merasakan sakit pada area pinggul.
  • Sering merasakan sakit saat buang air kecil.
  • Kemudian pada saat menstruasi berlangsung darah yang keluar tidak seperti biasanya, yaitu jumlahnya banyak dan waktunya agak sedikit lebih lama dari masa haid biasanya.

Bahkan untuk kanker serviks yang sudah masuk pada stadium lanjut barulah pada tahap ini sangat berbahaya. Jumlah kematian paling  banyak terjadi pada stadiium ini, karena pada stadium ini nafsu makan sudah sangat berkurang, berat bdan mulai menurun, sistim imun semakin hari semakin berkurang, mengalami pendarahan yang hebatt, dll. nah pada tingkat ini biasanya para penderita harus melakukan pengangkatan rahim melelui perut. Hal ini bertujuann untuk memperkecil kemungkinan menyebarnya sel-sel kanker lain dalam tubuh.

Cara Menghindari serangan Bahaya Kanker Serviks

Bagaimana cara menghindari serangan bahaya kanker serviks ?. cara menghindari kanker serviks yang pertama harus dilakukan adalah melakukan test screening. Test screeming ini bertujuan untuk mengetahui apakah anda terkena virus HPV atau tidak atau terkena kanker serviks atau tidak. Karena sebagaimana yang sudah dijelaka diatas, bahwa kanker serviks sulit untuk dideteksi secara langsung, dan akan diketahui pada tingkat stadium lanjut.

Kedua melakukan penyuntikan vaksin HPV, dengan melakukan suntik vaksin ini anda setidaknya bisa terhinda dari serangan virus HPV yang menyebabkan kanker serviks. Bagi para perempuan sekitar umur 10- 12 tahun di ajurkan untuk melakukan vaksin. Vaksin sebaiknya dilakukan secara rutin. Dan untuk laki-laki sebaiknya mulai memberiikan vaksin HPV sejak berusia 9 – 26 tahun.

Ketiga tidak boleh bergonta ganti pasangan dalam berhubungan intim dengan lawan jenis. Hal inilah yang beresiko paling besar terkena penyakit kanker serviks. Menggunakan kondom sekalipun tidak bisa memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit kanker serviks.

Keempat hindari minuman beralkohol dan hindari merokok.  Zat yang terkandung dalam minuman beralkohol dan rokok itu sangat berbaya dan bisa menyebabkan kakner serviks. Zat nikotin dan karbon monoksida  yang terdapat dalam rokok, apabila secara terus menerus kedalam tubuh maka darah akan kehabisan oksigen, dan yang lebih patalnua adalah tumbuhnya sel-sel kanker dan penyakit lainnya..

Kelima mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, seperti sayuran, buah-buahan yang kaya akan serat, nutrisi, dan vitamin. Dan hindari makanan yang bisa memicu munculnya keputihan.

Baca juga : Tips Mengobati Bau Mulut dengan Metode Rumahan

Demikian itulah sedikit informasi kesehatan seputar Bahaya Penyakit Kanker Serviks. Jagalah kesehatan anda sebaik mungkin, karena sehat itu sangat mahal. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Waspadalah Akan Bahaya Kanker Serviks