Situs berbagi pengetahuan tentang kesehatan, resep makanan dan kehidupan manusia.

5 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

Bagaimana cara mengobati sariawan dengan bahan alami? Ya, pertanyaan ini memang sering dilontarkan bagi kita yang ingin mengobati sariawan dengan bahan alami yang ada di sekitar kita.

Menyenangkan bukan jika bahan-bahan yang ada disekitar kita bisa bermanfaat, khususnya untuk mengobati sariawan yang kita alami. Sariawan? Hmmm, membuat kita tidak nyaman bukan?
Banyak cara mengobati sariawan dengan bahan alami yang ada disekitar kita.

Bahan-bahan ini bisa kita dapatkan di dapur atau pekarangan rumah yang banyak ditumbuhi dengan tumbuh-tumbuhan, pohon buah-biahan, atau tanaman obat keluarga.

Ya, bagi kita yang terbiasa memiliki bumbu lengkap di dapur atau terbiasa menanam tanaman obat keluarga pasti tidak kesulitan untuk meraciknya menjadi obat sariawan atau penyakit lainnya yang mungkin akan hinggap pada saat daya tahan tubuh kita yang lemah.

5 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami


5 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

Ada 5 cara mengobati sariawan yang bisa kita lakukan dengan bahan alami:

Jambu
Jambu merupakan buah-buahan yang kaya akan vitamin c, kandungan yang sangat dibutuhkan sebagai cara mengobati sariawan, terutama buah jambu batu. Kita bisa membuat jus buah jambu bati atau memakannya secara langsung.

Namun resikonya, jika kita memakan buah jambu secara langsung, kita akan cukup kesulitan mengunyah atau menelan karena sariawan.

Selain jambu batu, kita juga bisa mengkonsumsi jambu air. Kita bisa meminum sari buah jambu air, atau hanya sebagai bahan kumur. Rasanya yang relatif asam membuat sebagian dari kita memilih menjadikannya sebagai obat kumur untuk sariawan.

Belimbing wuluh
Nah, belimbing wuluh ini biasanya terdapat di rak bumbu dapur yang akan melengkapi masakan kita. Atau, banyak juga yang menanamnya dipekarangan rumah, karena biasanya pohon ini selalu berbuah lebat.

Belimbing wuluh rasanya cukup asam dengan rasa asam yang khas. Belimbing waluh juga bisa dijadikan sebagai cara mengobati sariawan yang alami.

Cara untuk menggunakannya, kita bisa mencucinya terlebih dhulu dan melembutkannya, lalu taruh beberapa saat dibagian sariawan.

Atau kita juga bisa meminum air perasan belimbing wuluh, atau sekedar menjadinkaanya obat kumur karena memang sifatnya yang asam.

Jeruk
Jeruk memang dikenal mengandung vitamin c. Jeruk yang biasa dikonsumsi saat sariawan adalah jus jeruk hangat, atau perasan jeruk nipis.

Meski rasanya relatif asam, namun mengkonsumsi jeruk adalah pilihan yang banyak diminati masyarakat.


Tomat
Tomat juga bisa dijadikan pilihan sebagai cara mengobati sariawan. Tomat memang memiliki rasa asam namun relatif tidak terlalu berasa asam dibanding jeruk atau belimbing.

Tomat bisa dijadikan sebagai jus, atau dipotong kecil-kecil untuk dikonsumsi sebagai camilan sariawan.

Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami Ke-5: Konsumsi Kunyit!

Kunyit
Selain baik untuk menaikkan nafsu makan dan obat masalah perut, kunyit juga dapat dijadikan sebagai cara mengobati sariawan dengan bahan alami.

Kunyit rasanya tidak relatif asam seperti buah-buahan yang bersifat asa dan banyak mengandung vitamin c, namun kunyit jua bisa membantu mengusir bakteri yang menempel pada radang atau sariawan yang ikta alami.

Kunyit ini bisa dijadikan berbagai macam ramuan. Bisa kita membuat jamu dengan cara memarutnya lalu kita seduh perasan airnya dengan air hangat.

Atau bisa juga dengan parutannya yang kita tempelkan ke tempat sariawan dan mendiamkannya hingga beberapa menit, lalu basuh kembali.

Baca juga : Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Medis dan Alami
Itulah beberap cara mengobati sariawan dengan bahan alami. Semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami