Situs berbagi pengetahuan tentang kesehatan, resep makanan dan kehidupan manusia.

Dampak Merokok untuk Kesehatan

Tahukah kita bahwa dampak merokok bukan hanya bagi yang merokok tetapi juga bagi yang menghirup asapnya. Bahaya merokok memang terdapat pada bungkus rokok yang biasa dijual di pasaran. Namun demikian masih saja banyak masyarakat yang kurang tanggap serta tidak menghraukannya.

Dampak merokok tidak hanya sekedar tulisan yang tercantum dalam bungkus rokok atau peringatan di tempat lain. Akibat dari merokok ini memang benar-benar nyata dan bukan hal yang patut disepelekan. Kandungan zat berbahaya bagi tubuh akan membuat perokok terganggu kesehatannya dalam jangka panjang.

Dampak Merokok untuk  Kesehatan
pexels.com

Dampak Merokok

Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dijelaskan beberapa dampak merokok bagi tubuh yang sangat berbahaya untuk kesehatan.

Penyakit jantung
Dampak rokok yang pertama yaitu dapat menyebabkan penyakit jantung. Rokok dapat menyebabkan pengerasan pada pembuluh darah. Hal ini dapat menimbulkan menumpuknya zat lemak di arteri sehingga dapat menimbulkan penyempitan pembuluh darah yang menimbulkan jantung bekerja dengan sangat keras.

Hal ini dapat menimbulkan rasa nyeri di dada sehingga serangan jantung dapat terjadi. Semakin sering dan semakin lama seseorang merokok kesempatan terkena penyakit jantung dan stroke akan semakin besar.

Penyakit paru-paru
Semakin lama dan semakin sering seseorang merokokmaka kesempatan terkena penyakit paru-paru juga semakin besar. Resiko untuk terkena penyakit pneumonia, emfisema, serta bronkitis juga dapat semakin meningkat.

Penyakit kanker
Dampak merokok yang ketiga yaitu dapat menyebabkan penyakit kanker. Penyakit kanker terutama kanker paru-paru merupakan dampak yang sudah awam didengar sebagai akibat dari merokok.

Selain kanker paru-paru, seseorang yang memiliki kebiasaan merokok juga dapat terkena kanker mulut, kanker ginjal, kandung kemih, perut pankreas, leher rahim, serta kanker darah.

Dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes
Kandungan bahan kimia yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan tubuh tidak dapat memecah gula menjadi energi. Hal ini dapat meningkatkan terjadinya penyakit diabetes.

Impotensi
Dampak selanjutnya yaitu dapat menimbulkan impotensi. Rokok merupakan penyebab utama penyakit pembuluh darah perifer . Penyakit ini akan mempersempit pembuluh darah yang membawa darah menuju seluruh tubuh. Karena hal inilah merokok dapat mengakibatkan disfungsi ereksi atau biasa disebut dengan impoten.

Pentingnya Mengetahui Dampak Merokok

Sangat penting untuk tahu bahwa merokok benar-benar berbahaya untuk tubuh. Dengan beberapa dampak yang telah disebutkan di atas hendaknya kita dapat mengurangi konsumsi rokok terlebih lagi dapat berhenti merokok.

Sebab dengan berhenti merokok artinya kita juga menyayangi tubuh kita. Rokok juga mengandung zat-zat yang berbahaya untuk tubuh diantaranya yaitu zat nikotin, tar, karbon monoksida, zat karsinogen. Serta zat iritan. Zat nikotin dapat menimbulkan efek kecanduan, merusak jarigan otak, darah cepat membeku, serta dapat menyebabkan mengerasnya dinding arteri.

Sedangkan tar merupakan bahan dasar untuk membuat aspal. Zat ini dapat menyebabkan penyakit kanker paru-paru. Karbon monoksida dapat menimbulkan terjadinya penyakit jantung.

Zat karsinogen dapat berpengaruh bagi tubuh diantaranya dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Sedangkan zat iritan mempunyai efek menyebabkan penyakit batuk dan dapat mengganggu saluran udara dan kantung udara di dalam paru-paru.

Baca uga : Tips untuk Ibu Hamil Tetap Sehat
Dengan melakukan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan atau minuman yang sehatserta berolahraga secara teratur maka dampak yang telah disebutkan di atas tidak akan terjadi. Demikian beberapa ulasan serta informasi tentang dampak merokok  bagi kesehatan semoga dapat menjadi manfaat bagi kita semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dampak Merokok untuk Kesehatan