Situs berbagi pengetahuan tentang kesehatan, resep makanan dan kehidupan manusia.

Dampak Suka Makan Terlambat bagi Kesehatan

Tahukah kita bahwa dampak suka makan terlambat dapat berakibat buruk bagi kesehatan terutama jika dilakukan secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama. Walaupun demikian, sebagian besar orang tidak menjadwalkan makannya secara teratur untuk kesehatan mereka. Mulai dari sekarang maka kebiasaan kurang baik itu sebaiknya dikurangi atau dihilangkan.

Dampak suka makan terlambat biasanya dipengaruhi oleh faktor kesibukan atau bisa juga jika kita menjalankan program diet tanpa panduan sehingga mengakibatkan seringnya terlambat makan. Karena hal yang demikian inilah banyak yeng memiliki masalah lambung sehingga dapat mengganggu organ tubuh yang lain.


Dampak Suka Makan Terlambat

Agar kita tidak menyepelekan waktu makan dan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh, berkut merupakan beberapa dampak terlambat makan yang dapat diketahui.

Nyeri di bagian perut
Dampak terlambat makan yang pertama yaitu akan merasakan nyeri di perut. Dengan alasan malas untuk makan atau hal yang lain, banyak orang yang mengabaikan makan tepat waktu sehingga dapat mengakibatkan nyeri perut, sembelit, diare, atau dapat juga terjadi kembung.
                
Mudah letih serta lesu
Apabila cadangan glukosa dalam tubuh mengalami penurunan akibat terlambat makan maka dapat berakibat tubuh tidak berfungsi secara maksimal. Yang akan terjadi yaitu tubuh akan mudah menjadi lelah dan juga lesu.

Selain itu jika gula darah menjadi rendah juga akan mengakibatkan konsentrasi menjadi terganggu, memori, serta masalah kinerja mental maupun fisik.
                      
Metabolisme tubuh melambat
Setiap waktu metabolisme tubuh manusia selalu berjalan meskipun kita sedang beristirahat. Metabolisme tubuh juga memiliki tujuan untuk membakar kalori serta mengubahnya menjadi energi. Karena itu jika kita terlambat makan maka tubuh juga akan menjadi lemas dan metabolisme melambat.

Radang lambung
Dampak terlambat makan berikutnya yaitu dapat menyebabkan radang lambung. Perut akan terasa sakit hingga ke ulu hati karena lambung terlukaakibat dari terlambat makan.
 
Kram perut
Dampak terlambat makan lain yang dapat terjadi yaitu dapat megakibatkan kram perut. Karena itu makan secara teratur sangat diperlukan agar tidak mengalami kram perut.

Dampak terlambat makan juga dapat menjadi tanda jika seseorang mengalami stres. Ketika sedang mengalami stres baik secara fisik maupun secara mental maka secara otomatis tubuh akan bereaksi seperti malas untuk makan, cemas, atau mengalami kram di perut.

Mengatasi Dampak Suka Makan Terlambat

Satu-satunya cara untuk mengatasi dampak terlambat makan yaitu dengan mengatur jadwal makan secara teratur. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa terlambat makan tidak hanya dapat menyebabkan penyakit saja nmun juga dapat mengganggu metabolisme tubuh.

Menjaga tubuh supaya tetap sehat adalah hal yang paling penting. Jika kita makan secara teratur maka kita sudah menjaga kesehatan.  Karena itu sesibuk apapun kita sebaiknya sempatkanlah untuk makan agar tidak mengalami sakit.

Sedangkan apabila kita sedang menjadi diet maka sebaiknya kita juga tidak meninggalkan makan, hanya saja porsinya dikurangi dan melakukannya sesuai dengan petunjuk orang yang ahli. Sebab jika melakukan diet dengan tidak makan pada waktunya bukan badan yang ideal yang kita dapat tetapi malah berbagai dampak yang telah disebutkan di atas.

Baca juga : Dampak Merokok untuk Kesehatan
Makan tepat waktu memang terlihat sepele namun itu merupakan bagian penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Demikian beberapa ulasan tentang berbagai dampak suka makan terlambat semoga dapat menjadi manfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dampak Suka Makan Terlambat bagi Kesehatan