Situs berbagi pengetahuan tentang kesehatan, resep makanan dan kehidupan manusia.

Penyebab Penyakit Stroke Dan Pencegahannya

Sangat penting kita mengetahui penyebab penyakit stroke sejak dini. Pengetahuan dan pemahaman kita terhadap penyakit ini dapat membantu mencegah dan mengatasi secara cepat jika terserang stroke.

Stroke merupakan kondisi yang terjadi ketika aliran darah ke otak terputus yang disebabkan oleh penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga sel-sel pada bagian area otak menjadi mati.

Otak bisa berfungsi dengan baik manakala pasokan oksigen dan nutrisi yang dibawa darah mengalir dengan baik. Namun jika pasokan darah tersumbat, maka otak akan rusak, bahkan sipenderita dapat meninggal.

Penyebab Penyakit Stroke Dan Pencegahannya

Penyebab penyakit stroke yang perlu diwaspadai

Sebagian besar penyebab penyakit stroke dapat dicegah dengan cara mengubah pola hidup kita  menjadi pola hidup yang sehat. Dilihat dari penyebab penyakit stroke, penyakit ini terbagi menjadi dua jenis yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik.

Stroke iskemik dapat terjadi ketika darah yang menuju ke otak terhenti. Adapun stroke hemoragik dapat terjadi manakala pembuluh darah mengalami pecah sehingga menyebabkan aliran darah ke otak tidak normal atau terhenti.

Stroke Iskemik
Stroke iskemik dapat terjadi manakala aliran darah ke otak terhenti yang berakibat pada terbentuknya gumpalan darah. Darah menjadi mudah menggumpal di pembuluh darah di mana ada banyak timbunan kolesterol atau telah terjadi kerusakan pada dindingnya.

Berikut ini beberapa kondisi yang menjadi penyebab penyakit stroke iskemik menjadi lebih buruk :
  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  • Kadar kolesterol dalam darah yang sangat tinggi.
  • Tidak mampu mengontrol diabetes. Kadar gula darah yang terlalu tinggi akan dapat menyebabkan memburuknya kesehatan dinding pembuluh darah.
  • Fibrilasi atrium atau detak jantung yang tidak teratur. Kondisi tersebut  juga menjadi penyebab penyakit stroke iskemik karena aliran darah menjadi terganggu dan mudah menggumpal.

Beberapa kondisi dan perilaku buruk berikut ini juga dapat menjadi penyebab penyakit stroke iskemik diantaranya :
  • Mengalami kegemukan atau obesitas
  • Berlebihan mengonsumsi alkohol
  • Kebiasaan merokok
  • Penggunaaan obat-obatan kontrasepsi
  • Migrain
  • Keturunan seperti memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung atau diabetes.

Stroke Hemoragik
Stroke hemoragik bisa terjadi manakala pembuluh darah pada otak pecah dan akan menyebabkan pendarahan. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyebab penyakit stroke hemoragik yang paling utama. Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat membuat arteri di dalam otak menjadi lemah sehingga rentan pecah.

Mencegah penyebab penyakit stroke

Pola makan yang sehat
Cara terbaik mencegah stroke adalah dengan makan makanan bergizi dan sehat. Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat alami, vitamin dan protein seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian utuh, daging rendah lemak dll.

Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan garam yang terlalu tinggi karena dapat menyebabkan terjadinya penimbunan kolesterol dalam arteri, obesitas, diabetes dan darah tinggi, yang mana semua itu merupakan pemicu stroke.

Olah raga secara teratur
Dengan berolahraga secara teratur maka jantung dan sistem peredaran darah akan bekerja lebih efisien. Selain itu, olah raga juga bisa menurunkan kadar kolesterol yang bertumpuk dan menjaga berat badan agar seimbang serta menjaga tekanan darah pada tingkat yang stabil.

Berhenti dari merokok dan meminum alkohol
Risiko terserang stroke bisa meningkat beberapa kali lipat ketika kita merokok, karena rokok yang dihisap dapat mempersempit arteri dan akan membuat darah mudah menggumpal.

Demikian juga dengan minuman keras yang dikonsumsi secara berlebihan akan memicu timbulnya berbagai penyakit pemicu stroke seperti diabetes, hipertensi, penyumbatan ateri dan detak jantung menjadi tidak teratur.

Baca juga : Penyebab Penyakit Maag Dan Cara Mengatasinya
So berhenti merokok dan meminum minuman keras jika anda ingin hidup lebih sehat.
Demikian penyebab penyakit stroke yang harus diketahui agar dapat melakukan pencegahan sejak dini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Penyakit Stroke Dan Pencegahannya