Situs berbagi pengetahuan tentang kesehatan, resep makanan dan kehidupan manusia.

Cara Menerapkan Pola Makan Hidup Sehat Untuk Penderita Asma

Pola makan hidup sehat harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, oleh siapapun itu dimanapun mereka berada. Terutama bagi orang-orang yang tinggal di lingkungan dengan tingkat polusi yang tinggi, menjaga kesehatan fisik dan mental benar-benar harus menjadi perhatian. Jika tidak, berbagai penyakit berbahaya akan menyambangi tubuh dan membuat diri jadi tak produktif lagi.

Salah satu jenis penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat yang tinggal di lingkungan berpolusi tinggi adalah penyakit pernapasan, baik itu TBC maupun asma. Keduanya membutuhkan perawatan yang rutin dan berkelanjutan ditambah dengan menerapkan pola makan hidup sehat setiap hari.

Hanya saja asma tak bisa disembuhkan (dihilangkan) permanen dari penderitanya seperti TBC, maka penderita asma harus berhati-hati dengan makanan dan berbagai faktor lainnya yang bisa menyebabkan penyakit mereka kambuh.

Cara Menerapkan Pola Makan Hidup Sehat Untuk Penderita Asma

Tips Pola Makan Hidup Sehat yang Bisa Dilakukan Penderita Asma

Penyakit asma adalah penyakit turunan, jika salah satu dari ayah dan ibu memiliki penyakit asma, maka secara otomatis anak mereka akan mengidap penyakit yang sama. Penyakit ini bisa menimbulkan kematian apabila kambuh di saat-saat yang tidak mendukung, misalnya saat berenang atau berada di lokasi yang jauh dari keramaian sehingga kecil kemungkinan bantuan dari orang lain bisa didapatkan.

Maka karena itu, untuk mengindari serangan asma di masa-masa yang tak diinginkan, sebaiknya ikuti pola makan hidup sehat berikut ini :
  • Hindari makanan dengan zat additive dan junk food. Lebih baik mengonsumsi makanan organik (sayuran tanpa pupuk kimia), dan kurangi juga konsumsi karbohidrat.
  • Nitrit, Nitrat dan Sulfit pun harus dihindari, sebab penderita asma sangat rentan dengan ketiga zat tersebut. Contoh makanan yang mengandung ketiga zat itu adalah bacoon (ham atau beef), hot dog, keju dan juga bir.
  • Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi, misalnya buah anggur dan buah delima. Boleh juga mengonsumsi batang nanas dengan cara dijus atau diparut.
  • Konsumsi pula mutivitamin yang mengandung magnesium dan Omega 3. Selain konsumsi multivitamin, boleh juga menyantap Tuna dan Salmon dengan porsi yang lebih banyak atau lebih sering.
  • Untuk mempercepat metabolisme sulfit, sebaiknya konsumsi multivitamin B12 dan juga mineral molybdenum secara rutin.

Latihan Harian Untuk Pola Makan Hidup Sehat

Selain menerapkan pola makan sehat, penderita asma juga harus melakukan beberapa jenis latihan yang membantu tubuh menjadi lebih fit dan memperkecil risiko kambuhnya asma.

Melakukan yoga dan senam aerobik menjadi jenis latihan olah tubuh yang paling dianjurkan untuk penderita asma, kedua jenis olahraga tersebut bisa membantu mengurangi frekuensi kambuhnya asma.

Senam aerobik bisa dilakukan di rumah dengan berbekal video Youtube, bisa dilakukan sendiri ataupun bersama dengan teman dan saudara supaya lebih semangat. Memilih untuk yoga juga bukan ide yang buruk, kok!

Ada banyak tutorial yoga untuk pemula yang bisa diikuti step by stepnya, kita juga bisa memilih gerakan yoga sesuai dengan kemampuan tubuh kita masing-masing. Sebab ada beberapa gerakan yang tak mungkin dilakukan oleh orang dengan tubuh yang gemuk, atau orang yang bermasalah dengan kelenturan tubuh.

Bahkan kita juga bisa mencari tutorial yoga yang dilakukan sebelum atau sesudah tidur, sebab yoga bisa dilakukan kapanpun.

Baca juga : Makanan Diet yang Sehat Untuk Hilangkan Lemak di Perut
Setelah menjalani pola makan hidup sehat dan berolahraga, maka asma pun tak akan sering kambuh lagi dan kita bisa menjalani aktivitas dengan tenang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menerapkan Pola Makan Hidup Sehat Untuk Penderita Asma