Situs berbagi pengetahuan tentang kesehatan, resep makanan dan kehidupan manusia.

Tips Sehat Untuk Ibu Menyusui

Bagi seorang ibu yang baru melahirkan tentu akan melalui fase menyusui sang bayi setidaknya sampai dua tahun. Asi yang diberikan setiap hari kepada sang bayi diharapkan akan membuat bayi memiliki imunitas yang kuat dan tubuhnya sehat.

Oleh karena itu perlu sekali para ibu menyusui memperhatikan kesehatan dirinya dan buah hatinya salah satunya dengan asupan yang bernutrisi cukup. Namun sayang banyak dari ibu-ibu menyusui yang kurang memperhatikan kualitas asupan nutrisinya.

Terkadang mereka hanya mementingkan asal kenyang, asal punya energi untuk mengurus si buah hati. Cara seperti itu akan menimbulkan masalah kesehatan bagi ibu menyusui atau bagi bayinya. Perlu kiranya menerapkan tips sehat untuk ibu menyusui dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi.

Berikut tips sehat untuk ibu menyusui yang banyak direkomendasikan oleh para pakar kesehatan dan sangat perlu oleh para ibu menyusui diketahui.

Tips Sehat Untuk Ibu Menyusui
pexels.com

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi, beberapa makanan berikut ini bisa dijadikan pilihan ideal bagi para ibu menyusui.

Gandum utuh dan nasi merah
Kebutuhan karbohidrat wajib dipenuhi, tapi supaya tidak semata-mata karbohidrat maka ibu bisa mengganti dengan gandum utuh dan beras merah.

Gandum memiliki kandungan asam folat yang baik bagi ibu dan bayi. Sementara beras merah bisa menjadi pilihan karena mampu menyediakan kalori untuk memproduksi asi dengan kualitas yang baik.

Telur dan Ikan
Untuk mencukupi kebutuhan protein bisa dengan mengonsumsi telur atau daging.  Telur banyak mengandung vitamin D juga sehingga dapat berperan sebagai pembentuk tulang bayi.

Kebutuhan protein juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi ikan minimal dua porsi dalam seminggu. Sebaiknya pilihlah ikan yang kaya akan DHA, seperti ikan salmon.

Buah dan sayuran
Buah dan sayuran mengandung aneka nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan ibu dan anak. Kandungan serat dalam buah dan sayuran sangat baik untuk sistem pencernaan ibu menyusui.

Menjaga cairan Tubuh
Menjaga cairan tubuh merupakan salah satu tips sehat untuk ibu menyusui yang perlu diperhatikan. Minumlah secara teratur dan tidak harus menunggu haus terlebih dahulu.

Walaupun jumlah asupan minum air tidak akan mempengaruhi suplai ASI untuk bayi, namun pada masa menyusui mencukupi cairan tubuh sangat penting agar metabolisme tubuh tetap terjaga.

Cukupi kebutuhan tidur 
Manfaatkanlah waktu luang yang ada untuk istirahat dan tidur. Pada saat bayi tidur sebaiknya ibu juga tidur walaupun hanya beberapa menit. Tidak tercukupinya kebutuhan tidur bisa mengganggu proses produksi ASI yang baik. Selain itu juga akan menyebabkan ibu menyusui menjadi lesu bahkan bisa sakit.

Hindari kafein 
Ibu menyusui sangat tidak disarankan mengonsumsi kafein berlebihan. Sebaiknya hindari kafein selama proses menyusui karena tingginya kandungan kafein pada air susu bisa mengganggu sistem pencernaan bayi. Kafein juga terdapat pada coklat, minuman ringan, kopi dan teh.

Minum susu 
Meminum susu merupakan tips sehat untuk ibu menyususi yang direkomendasikan. Susu yang kaya akan kandungan kalsium, vitamin D, vitamin B, dan juga protein akan dapat memenuhi asupan nutrisi bagi ibu dan juga bayinya.

Tetaplah berolah raga
Luangkanlah waktu senggan untuk olah raga seperti yoga atau joging. Tidak disarankan melakukan olah raga yang berat dulu karena kondisi fisik pasca melahirkan biasanya belum kuat.

Ibu bisa mengajak pasangan dan buah hatinya keluar rumah untuk jalan-jalan disekitar kompleks. Hiruplah udara segar sehingga badan akan terasa bugar dan nyaman. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengusir rasa bosan atau jenuh karena terus berada di dalam rumah.

Baca juga : Tips Sehat Pasca Melahirkan
Demikianlah beberapa tips sehat untuk ibu menyususi yang banyak direkomendasikan oleh para pakar kesehatan ibu dan anak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Sehat Untuk Ibu Menyusui