Situs berbagi pengetahuan tentang kesehatan, resep makanan dan kehidupan manusia.

5 Jenis Diet Terpopuler di Dunia

Diet merupakan salah satu istilah paling familiar di dunia kesehatan. Hal tersebut tak bisa dilepaskan dari lifestyle manusia modern yang cenderung konsumtif, sehingga sering menerapkan pola makan yang salah.

Kata ‘diet’ itu sendiri berasal dari bahasa latin yaitu dieta yang berarti pola makan harian. Secara umum, terdapat ribuan jenis diet di seluruh dunia. Ada yang bertujuan untuk menurunkan berat badan, menaikan berat badan, menurunkan kolesterol dan lain-lain.

Nah berikut ini pembaca dapat menemukan 5 jenis diet terpopuler di dunia. Setiap jenisnya memiliki karakteristik dan membutuhkan asupan makanan tertentu, yuk mari kita simak.

5 Jenis Diet Terpopuler di Dunia
5 Jenis Diet

The Zone 
Jenis diet terpopuler yang pertama yaitu The Zone. Sesuai namanya, diet ini menerapkan pembagian porsi makanan dalam jumlah pas. Untuk sekali makan, porsi nutrisi harus seimbang yaitu 30% lemak, 40% karbohidrat, dan 30% protein.

Jenis diet satu ini fokus pada pengontrolan kadar insulin dalam darah, sehingga berat badan bisa terkontrol. Makanan yang paling cocok dengan tipe diet satu ini yaitu kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun.

Vegetarian
Diet vegetarian merupakan salah satu jenis diet terpopuler dewasa ini. Vegetarian atau vegan sebenarnya lebih mengacu pada cara pandang atau way of life, dimana seseorang tidak diperbolehkan mengkonsumsi hewan.

Namun tipe diet satu ini tidak lagi menjadi milik kaum vegan karena banyak orang yang sudah menerapkan diet vegetarian tanpa berharap untuk menjadi seorang vegan.

Terdapat beberapa varian dari diet vegetarian ini seperti ovo-vegetarian, lacto-vegetarian, semi-vegetarian dan lain-lain. Namun mayoritas diet vegetarian menerapkan pola makan tanpa makanan yang bersumber dari daging hewan kecuali madu, telur, dan susu.

Atkins
Jenis diet terpopuler lainnya yaitu diet Atkins yang diperkenalkan oleh Dr.Robert C.Atkins. Pada dasarnya, jenis diet satu ini fokus pada pengontrolan kadar insulin dengan konsumsi makanan rendah karbohidrat.

Terdapat 4 fase dalam diet Atkins ini yaitu induksi, penyeimbangan, perbaikan, dan perawatan. Pada 2 minggu pertama, seseorang harus mengkonsumsi karbohidrat kurang dari 20 gram perharinya.

Beberapa makanan yang perlu dihindari dalam diet Atkins yaitu minyak nabati, gula, gandum, kentang, kacang polong dan lain-lain.

Raw Food
Jenis diet terpopuler lainnya yaitu diet Raw Food. Sesuai namanya, jenis diet ini menerapkan pola konsumsi makanan organik atau tanpa diproses ulang selanjutnya.

Untuk skala ekstrem, seseorang bisa saja mengkonsumsi makanan mentah setiap harinya. Namun dalam skala menengah, pola konsumsi  bisa berupa 70% makanan mentah dan 30% makanan yang dimasak.

Baca juga : 5 Tips Sehat dan Cantik Alami

Mediterranean
Jenis diet Mediterranean pada awalnya populer di Eropa bagian selatan seperti Yunani dan Itali. Pola konsumsi lebih banyak memanfaatkan sayuran dan buah-buahan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Jenis Diet Terpopuler di Dunia