Situs berbagi pengetahuan tentang kesehatan, resep makanan dan kehidupan manusia.

Cara Mengobati Keputihan bagi Wanita

Bingung dengan cara mengobati keputihan bagi kita para wanita? Ya, keputihan memang sering membuat kita tidak nyaman bahkan was-was.

Apalagi, keputihn yang berlebih merupakan tanda bahwa ada gangguan dalam organ intim maupu rahim kita. Selain itu, bau yang kadang ditimbulkan oleh keputihan membuat kita semakin tidak percaya diri.

Lalu bagaimana cara mengobati keputihan? Ya, banyak cara apalagi diera tekhnologi ini. Beberapa cairan untuk keputihan pun beredar di pasaran. Namun ternyata itu pun tak lantas membuat kita lega.

Karena, tidak semua cocok dengan cairan yang telah bercampur dengan zat kimia lainnya. Bahkan, ada yang mengalami iritasi. Untuk itu, kita perlu mencoba cara mengobati keputihan dengan cara yang tidak terlalu berisiko.

Cara Mengobati Keputihan bagi Wanita
Keputihan 

Cara Mengobati Keputihan Bagi Wanita

1.Kenali keputihan
Kita perlu mengenali jenis keputihan yang kita alami. Karena sejatinya keputihan yang dialami para wanita adalah normal. Biasanya, keputihan normal terjadi disaat kita akan dan sesudah haid.

Biasanya terjadi sekitar 3 hari hingga 1 minggu lamanya. Ciri keputihan normal adalah berbentuk cair tanpa bau dan berwarna bening.

Berarti, jika keputihan yang kita lami membentuk gumpalan berwarna putih susu apalagi hijau, dan memiliki bau yang sangat tidak sedap, kita perlu mewaspadainya.

Bisa juga keputihan ini terjadi saat kita sedang stress atau telah melakukan aktivitas fisik cukup berat. Namun, bisa juga disebabkan oleh bakteri yang ada di sekitar vagina.

2.Kansumsi makanan sehat
Nah, cara mengobati keputihan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang cukup gizi.

Dengan begitu, daya tahan tubuh kita akan kebal sehingga dapat mengalahkan berbagai macam bakteri yang membawa penyakit, termasuk bakteri yang bisa menyebabkan penyakit keputihan.

3.Konsumsi yoghurt
Ya, konsumsi yoghurt sangat dianjurkan sebagai cara mengobati keputihan karena bisa menurunkan resiko infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur yang berkembang biak menjadi penyakit keputihan. Selain itu, yoghurt juga baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan.

4.Kompres & basuh dengan air hangat
Jika vagina kita atau daerah disekitar vagina kita terasa panas dan gatal akibat keputihan, kita bisa mengkompresnya dengan air dingin, sehingga bisa mengurangi rasa gatal dan panas.

Untuk membersihkan miss v, sebaiknya kita menggunakan air hangat yang membuat area vagina kita lebih rileks dan bersih. Air hangat juga merupakan pengganti cairan pemebersih vagina.

Ya, usahakan cukup membasuhnya dengan air hangat, karena penggunaan cairan pembersih vagina secara berlebihan bisa menimbulkan iritasi.


Cara Mengobati Keputihan Wanita: Hindari Hal Berikut:

1.Celana Ketat
Kita perlu menghindari penggunaan celana ketat sebagai cara mengobati keputihan. Karena, penggunaan celana ketat membuat vagina kesulitan untuk bernapas, sehingga bakteri atau jamur keputihan pun akan terus berkembang biak.

2.Parfum Vagina
Kita juga perlu menghindari parfum vagina sebagai cara mengobati keputihan. Parfum vagina ini bisa menimbulkan iritasi dan memungkinkan pengeluaran kepputihan yang tidak normal.

3.Pemakaian Pembalut Tidak Teratur
Ya, pembalut yang kita kenakan haruslah sering diganti, jangan sampai dibirkan terus dipakai tanpa jadwal yang tepat. Karena, bakteri yang terkandung pada bahan pembalut bisa menguap ke vagina. Sehingga memungkinkan berkembangnya bakteri dan jamur di area sekitar vagina.

4.Tisu Toilet Berparfum
Kita juga perlu menghindari tisu toilet berparfum sebagai cara mengobati keputihan, untuk menghindari efek samping yang dikandung oleh tisu toilet berparfum.

Baca juga : Ramuan Obat Herbal Diet Alami dan Aman

Selamat mencoba cara mengobati keputihan sist!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengobati Keputihan bagi Wanita