Situs berbagi pengetahuan tentang kesehatan, resep makanan dan kehidupan manusia.

Cara Mengobati Penyakit Bell’s Palsy

Setiap orang pasti menghindari yang namanya penyakit, baik bersifat fisiologis maupun psikis. Namun sayangnya beberapa jenis penyakit datang secara tiba-tiba, salah satunya yaitu bell’s palsy.

Penyakit ini menyerang penderitanya dalam sekejap dan tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Penyakit ini bisa menyerang Anda, bahkan ketika Anda merasa baik-baik saja. Untungnya, penyakit bell’s palsy ini hanya berlangsung sebentar.

Penderita akan berangsur-angsur pulih dalam beberapa hari. Terdapat beberapa cara mengobati penyakit bell’s palsy sehingga penderita bisa sembuh lebih cepat. Nah dibawah ini pembaca dapat menemukan metode penyembuhan paling tepat untuk penyakit bell’s palsy.

Cara Mengobati Penyakit Bell’s Palsy
siputnews.com

Cara Mengobati Penyakit Bell’s Palsy

Bagi pembaca yang belum familiar dengan bell’s palsy, pada dasarnya penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus pada saraf wajah. Serangan virus dapat menyebabkan pembengkakan pada saraf, sehingga otot-otot wajah menjadi tidak berfungsi.

Tidak diketahui dengan jelas apa penyebab pasti dari penyakit aneh ini, namun faktor utamanya yaitu infeksi virus. Namun penderita yang mengalami diabetes, herpes, dan kehamilan lebih berpotensi mengalami penyakit bell’s palsy.

Diagnosa dan Perawatan Bell’s Palsy

Tidak ada metode khusus untuk mendiagnosa penyakit bell’s palsy ini. Seseorang yang mengalami kelumpuhan pada setengah bagian wajah sudah terdiagnosa dengan jelas bahwa ia mengalami bell’s palsy.

Tidak dibutuhkan tes diagnosa apapun untuk membuktikan bahwa orang tersebut mengalami bell’s palsy. Jika kelumpuhan tidak kunjung reda, maka penderita harus segera menemui dokter ahli saraf. Hal itu bisa menjadi indikasi penyakit-penyakit berbahaya seperti kangker atau tumor.

Meskipun tanpa perawatan, penderita bell’s palsy akan mereda dengan sendirinya. 80 persen penderita bell’s palsy akan berangsur-angsur pulih dalam beberapa hari atau minggu.

Gejala awal dari bell’s palsy ini yaitu kehilangan fungsi wajah seperti tidak mampu mengecap rasa, kelopak mata mengendur dan otot-otot wajah yang memudar.

Namun terdapat beberapa cara mengobati penyakit bell’s palsy ini, sehingga penyakit aneh ini bisa disembuhkan lebih cepat.

Steroid
Obat pertama yang bisa meredakan bell’s palsy ini yaitu steroid. Beberapa obat seperti prednisone sangat ampuh meredakan pembengkakan pada saraf wajah. Obat ini harus segera dikonsumsi saat gejala bell’s palsy terjadi. Biasanya bell’s palsy bisa diatasi kurang dari 10 hari.

Obat Anti Virus
Beberapa obat anti virus seperti Zovirax atau Valtrex sangat ampuh mengatasi penyakit bell’s palsy. Jika gejala bell’s palsy tidak mereda selama 3 hari, maka penderita bisa lanjut mengkonsumsinya selama 7 hari.

Baca juga : 5 Jenis Diet Terpopuler di Dunia

Perawatan Mata
Kelopak mata yang mengendur dapat menyebabkan penderita bell’s palsy tidak dapat memejamkan mata. Hal tersebut mengakibatkan mata menjadi kering. Gunakan cairan tertentu agar mata tetap basah dan gunakan penutup mata agar penderita bisa tidur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengobati Penyakit Bell’s Palsy